Ketua Prodi Pendidikan Matematika Menjadi TIM Analisis dan Review Hasil Uji Coba Soal Uji Kompetensi Modular PKB Kepala Sekolah

Jakarta, 4-7 September 2017–  Dr. Hj. Dina Huriaty, M.Pd,  selaku dosen sekaligus ketua program studi pendidikan matematika STKIP PGRI banjarmasin, mendapat kepercayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai TIM analisis dan review hasil uji coba soal uji kompetensi modular PKB Kepala Sekolah.

Kegiatan tersebut dilatar belakangi dari sekolah pada satuan pendidikan pada jalur formal, dengan berbagai keragaman potensi baik internal maupun eksternal, dituntut untuk dinamis dan kreatif dalam melaksanakan perannya mengupayakan terjadinya peningkatan kualitas pendidikan. Peran penting yang harus oleh sekolah terutama berkait dengan perubahan paradigma pendidikan dari manajemen berbasis terpusat menuju manajemen berbasis sekolah adalah kemampuan dalam bidang pengelolaan aspek-aspek manajemen sekolah.

Pemerintah telah mengeluarkan dasar hukum yang memungkinkan pengembangan dan pemberdayaan Kepala Sekolah. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, telah ditetapkan. Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2015 tentang Perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang mencakup standar: (1) isi, (2) proses,  (3) kompetensi lulusan, (4) pendidik dan tenaga kependidikan, (5) sarana dan prasarana, (6) pengelolaan, (7) pembiayaan, (8) standar penilaian pendidikan. Standar-standar tersebut di atas merupakan acuan dan sekaligus kriteria dalam peningkatan dan penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan.

Salah satu standar yang berperan penting dan strategis dalam peningkatan mutu pendidikan adalah standar pendidik dan tenaga kependidikan. Kepala Sekolah merupakan komponen tenaga kependidikan yang perlu ditingkatkan mutunya, khususnya dalam penguasaan dimensi-dimensi kompetensi yang harus dimiliki oleh Kepala Sekolah.

Agar mutu tetap terjaga dan proses peningkatan mutu tetap terkontrol, maka harus ada standar yang diatur dan disepakati secara nasional untuk dijadikan indikator evaluasi keberhasilan peningkatan mutu tersebut melalui Soal Uji Kompetensi Modular PKB bagi kepala sekolah. Soal uji kompetensi modular dimaksudkan untuk mengetahui peta penguasaan Kepala Sekolah pada dimensi kompetensi yang harus dikuasai oleh Kepala Sekolah berdasarkan 10 (sepuluh) modul PKB. Modul inilah yang menjadi pijakan Kepala Sekolah mengembangkan keprofesian berkelanjutannya dikarekan telah sesuai dengan kebutuhan komptensi kepala sekolah. Peta penguasaan kompetensi Kepala Sekolah tersebut, inilah yang akan digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian program pembinaan dan pengembangan peningkatan kompetensi keprofesiaan Kepala Sekolah baik oleh pemerintah pusat dan daerah melalui kelompok belajar profesi masing-masing. Oleh karena itu, kegiatan dimaksud perlu melibatkan berbagai instansi antara lain PPPPTK, LPMP, dan Perguruan Tinggi serta instansi terkait lainnya.

Dalam rangka pelaksanaan program PKB, perlu dilaksanakan kegiatan Analisis dan Review Hasil Uji Coba Soal Uji Kompetensi Modular PKB Kepala Sekolah. Yaitu, sebagai kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang telah mengujicobakan soal digital modular kepala sekolah. Kegiatan Analisis dan Review Hasil Uji Coba Soal Uji Kompetensi Modular PKB Kepala Sekolah  ini akan menganalisis sekaligus mereview hasil temuan analisis dalam rangka peninkatan mutu butir soal berdasarkan validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesulitan soal sehingga menjadi lebih baik dalam relevansinya dengan modul PKB dan sesuai dengan kaidah-kaidah soal uji yang baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *