STKIP PGRI Banjarmasin Luluskan 1.004 Sarjana

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP-PGRI) Banjarmasin meluluskan 1.004 sarjana dalam Sidang Senat Terbuka Wisuda ke-26 dan Dies Natalis ke-31 yang digelar di Himalaya Ballroom Hotel Banjarmasin International (HBI), Rabu.

Ketua STKIP PGRI Banjarmasin Dr H Abidinsyah MPd mengatakan, hingga tahun akademik 2016-2017, kampus yang dipimpinnya telah meluluskan sebanyak 12.310 orang.

“Untuk mahasiwa baru tahun akademik 2017-2018 berjumlah 357 orang, dengan total mahasiwa aktif saat ini sebanyak 2.635 orang,” papar Abidin dalam sambutannya.

Di usia yang menginjak 31 tahun, Abidin pun mengungkapkan sejumlah prestasi dan perkembangan perguruan tinggi pencetak tenaga kependidikan itu.

Di antaranya tiga Program Studi, yakni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika yang baru saja meraih Akreditasi B. Sedangkan dua Prodi lainnya, yakni Prodi Pendidikan Teknologi Informasi dan PGSD sedang proses Re-Akreditasi menuju Akreditasi B.

Sementara dalam peningkatan kuantitas dan kualitas dosen, tahun 2017 sebanyak 35 dosen lulus sertifikasi, sehingga sudah ada 56 dosen atau 61 persen dari 92 tenaga pengajar meraih sertifikasi.

Abidin berharap, pada tahun 2018 mendatang semua dosen STKIP-PGRI Banjarmasin mendapatkan sertifikasi.

Adapun kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kalsel untuk peningkatan kualifikasi guru sebanyak 134 orang dan yang telah lulus 23 orang serta yang ikut diwisuda 48 orang.

Abidin juga memaparkan pembangunan sarana pendopo tempat kegiatan praktek pentas seni budaya dan asrama mahasiswa yang sudah mencapai 60 persen.

Kemudian kampus baru atau kedua di dekat Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru selesai terbangun 100 persen dengan 13 ruang kuliah dan aula yang sudah bisa digunakan untuk perkuliahan.

“Kami juga tengah mempersiapkan pembukaan Program Pascasarjana Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan menugaskan dosen studi S3, sehingga harapannya 2021 sudah bisa terealisasi,” tandas Abidin.

Sementara Ketua PPL PT PGRI Banjarmasin Drs H Dahri MM dalam sambutannya meminta sarjana tenaga pendidik itu untuk mengabdi di atas spirit dan etika pendidikan.

“Jadilah sarjana pendidikan yang unggul dan loyalitas serta memiliki komitmen untuk memperoleh prestasi di era global,” tuturnya.

Di sisi lain, acara pelepasan sarjana itu juga diisi orasi ilmiah Prof Dr Supardi selaku Ketua Badan Pembina PB PGRI Pusat.

Pihak kampus juga memberikan penghargaan kepada Wisudawan Sarjana terbaik atas nama Rizky Rahmadhani dari Pendidikan Biologi dengan IPM 3,98, Uswatun Hasanah dari Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,73 dan Fitriani dari Pendidikan Teknologi Informasi dengan IPK 3,70. Penyerahan penghargaan oleh pimpinan STKIP itu turut didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel Drs HM Yusuf Effendi.

Acara wisuda sendiri dilaksanakan dalam dua sesi, yakni Hari Rabu sebanyak 500 wisudawan untuk Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Teknologi Informasi. Sementara Kamis (30/11) sebanyak 504 wisudawan dari Prodi Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Seni Tari.

Sumber : Antara News Kalsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *