Pengabdian Kepada Masyarakat di SMA PGRI 4 Banjarmasin Tahun Akademik 2018-2019 Ganjil

Penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif menjadi tuntutan bagi setiap Pendidik. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi mendorong pembelajaran bagi peserta didik yang mampu menghadapi era industri 4.0. Era industri 4.0 adalah era yang ditandai dengan perubahan yang cepat akan aliran informasi dan teknologi informasi. Guna menghadapi era industri 4.0, seorang pendidik harus mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar baik cetak maupun noncetak, audio, audiovisual, dan komputer, bahkan jika perlu Handphone sebagai mobile learning. Pembelajaran tidak hanya dilakukan melalui tatap muka, tetapi juga dikombinasikan secara offline maupun online. Pembelajaran yang memadukan sistem pembelajaran secara offline maupun online dikenal dengan istilah Pembelajaran Blended Learning. Salah satu aplikasi yang cukup familiar dalam kehidupan sehari-hari siswa maupun guru adalah Google Classroom. Google Classroom merupakan sebuah produk bagian dari Google AppsFor Education yang sangat istimewa karena memiliki banyak fasilitas di dalamnya seperti memberi pengumuman atau tugas, mengumpulkan tugas dan melihat siapa saja yang sudah mengumpulkan tugas. Seperti yang dituliskan pada situs resminya, Google Classroom dikeluarkan pertama kali pada tanggal 12 Agustus 2014, namun Google Classroom banyak digunakan pada tahun 2015.

Pemanfaatan Google Classroom dalam Blended Learning sangat efektif mengingat setiap orang saat ini sudah tidak asing lagi dengan situs pencarian  Google dan aplikasi ini dapat diunduh dengan mudah melalui Playstore pada Android atau melalui situs https://classsroom.google.com. Melalui pemanfaatan aplikasi ini dapat memudahkan guru dan siswa dalam melakukan proses pembelajaran dengan lebih aktif dan interaktif. Guru maupun siswa dapat mengumpulkan tugas, mendistribusikan tugas, dan menilai tugas tanpa terikat ruang dan waktu pelajaran.

TIM Pengabdian kepada Masyarakat berinisiatif untuk memberikan workshop di SMA PGRI 4 Banjarmasin selama 3 hari yaitu tanggal 2, 8 dan 9 November tahun 2018. Sasaran dalam pengabdian ini adalah guru yang tergabung dalam MGMP Matematika SMA/MA se-kota Banjarmasin yang menggelar pertemuan di sekolah tersebut. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari para guru untuk mempraktikannya pada pembelajaran di kelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *